Mesin sepeda motor bekerja dengan cara
yang sama dengan mesin mobil . Mereka terdiri dari piston, blok silinder
dan head, yang berisi katup (valve). Piston bergerak naik dan turun di
blok silinder, didorong oleh ledakan dari campuran bahan bakar dan udara
yang telah dinyalakan oleh percikan api (busi) .
Katup membuka dan menutup untuk
memungkinkan campuran bahan bakar dan udara masuk ruang bakar . Piston
bergerak naik-turun, memutar poros engkol (crankshaft) , yang mengubah
energi dari piston menjadi gerak putar.
Kekuatan putar poros engkol ditransmisikan ke roda belakang sepeda motor setelah melalui “bak transmisi”.
Simpelnya : Energi dorongan dari hasil pembakaran, diubah menjadi gerak lurus oleh turun-naiknya piston. Kemudian gerak lurus ini diubah menjadi gerak putar (karena roda membutuhkan gerak putar, bukan lurus) oleh poros engkol. Pada akhirnya setelah melalui transmisi dan rantai/CVT, gaya ini menggerakkan roda.
Energi ledakan-> gerak lurus piston-> gerak putar poros engkol-> transmisi-> roda
0 komentar:
Posting Komentar